Kecanduan Gawai Berisiko Merusak Hubungan Asmara? Cek Faktanya

Di era yang serba modern seperti sekarang ini, gawai atau gadget menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Banyak orang yang mengaku bahwa ia tak jenak beraktivitas tanpa gadget di tangannya. 

Banyak orang yang hidupnya akan terasa hampa jika ia tak memegang gadget walau hanya sehari saja. Saking tak bisanya lepas dari gadget, beberapa orang bahkan cenderung kecanduan gadget dalam kehidupannya sehari-hari.

Pada dasarnya gadget memang hal yang penting buat setiap orang. Namun, ketika orang tersebut telah kecanduan gadget, ini bisa berakibat fatal pada hidupnya. Ini bahkan bisa meningkatkan risiko rusak atau putusnya hubungan asmara yang dijalani bersama pasangan.

Bagaimana Gadget Merusak Hubungan?

Melansir dari laman liputan6.com, penelitian yang dilakukan para ahli di University of Arizona menemukan jika orang yang kecanduan gadget bisa merusak hubungannya bersama pasangan. Saat seseorang terlalu fokus pada gadget, ini meningkatkan risiko ia melupakan hal-hal di sekitarnya termasuk pasangan. 

Ketika seseorang berdua dengan pasangan semetara ia hanya fokus pada gadget di hadapannya, suasana yang ada bisa sangat canggung. Ini juga membuat pasangannya merasa sangat sebal, merasa tidak dipedulikan dan tidak diperhatikan. Jika sudah muncul perasaan seperti ini, kenyamanan dalam hubungan tentu akan berkurang. Hubungan yang ada memiliki risiko putus yang lebih besar ke depannya.

Dampak Buruk Kecanduan Gadget Selain Merusak Hubungan

Selain bisa merusak hubungan asmara, kecanduan gadget atau bermain gadget secara berlebihan juga memiliki beberapa dampak buruk lainnya. Dampak buruk tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Mengalami masalah penglihatan karena menatap cahaya gadget yang terlalu lama. 
  • Pola tidur terganggu.
  • Pikiran tidak fokus dan hanya tertuju pada gadget atau media sosial yang diikuti setiap harinya. 
  • Sakit kepala yang berlebihan. 
  • Penggunaan gadget secara berlebih bisa meningkatkan risiko postur tubuh yang tidak ideal.
  • Risiko cidera otot dan ligamen yang lebih besar. 
  • Penggunaan gadget secara berlebihan juga di jalan meningkatkan risiko kecelakaan. 
  • Penggunaan gadget yang berlebihan memungkinkan kamu kekurangan gerak tubuh dan ini bisa meningkatkan risiko obesitas. 

Itulah beberapa dampak buruk dari kecanduan gadget. Meski gadget sangat penting, pastikan untuk menggunakan gadget seperlunya saja. Hindari terlalu fokus pada gadget jika ingin hubungan asmara yang dijalani bersama pasangan bahagia, penuh cinta dan canda tawa. Semoga informasi ini bermanfaat.

Related Posts

7 Tanda Dia adalah Jodoh Terbaik yang Tidak akan Menyakitimu

Percaya atau tidak, tidak semua orang bisa menemukan pasangan yang baik untuk dirinya, itu juga alasan mengapa ada banyak perselisihan yang tak terselesaikan dalam hubungan cinta atau pernikahan. Tidak…

Menikah dan Belum Dikaruniai Anak, Apakah Keluargaku Tak Sempurna?

Di bulan Juni ini, ingin mengajakmu untuk berbagi cerita tentang keluarga. Untuk kamu yang seorang ibu, anak, mertua, menantu, kakak, atau adik. Ceritakan apa yang selama ini…

5 Tanda Hubungan Asmara yang Kamu Jalani akan Berakhir

Menjalin hubungan asmara bisa dibilang gampang-gampang susah. Ketika kita bisa menjaga hubungan dengan sikap kita, hubungan yang ada pun diprediksi bakal langgeng. Namun, ketika kita memilih sikap yang salah…

7 Tips Menjaga Komitmen dengan Pasangan dalam Hubungan

Komitmen tidak lain adalah keyakinan orang untuk tetap bersama. Itu adalah bagian dari hubungan yang memberikan keamanan dan keselamatan, sehingga pasangan dapat secara terbuka mengungkapkan pikiran, perasaan, dan…

Leave a Reply

Your email address will not be published.